HATUR NUWUN dari yang Menginspirasi

HATUR NUWUN dari yang Menginspirasi

Oleh: P. Saputra

Peringatan 60 tahun Konferensi Asia Afrika di Bandung kali ini memberikan kesan istimewa bagi bangsa Indonesia khususnya warga Bandung. Serangkaian kegiatan digelar untuk menyambut peringatan tersebut. Salah satu kegiatan yang digelar adalah gotong royong masyarakat Bandung membersihkan area ring 1 kawasan Gedung Merdeka hingga Alun-alun Bandung. Ratusan warga dari berbagai elemen turun kejalan untuk bersama-sama membersihkan area yang akan digunakan sebagai historical walk para pemimpin negara peserta KAA dan tamu undangan.

Di balik suksesnya Peringatan 60 tahun Konferensi Asia Afrika terdapat sosok pemimpin kebanggaan Bandung, Ridwan Kamil. Pemimpin muda berusia 43 tahun ini menjadi wali kota Bandung sejak 2013 lalu. Ridwan Kamil atau yang akrab disapa Kang Emil merupakan sosok pemuda saat ini berhasil merubah wajah kota Bandung menjadi lebih berwarna.

Tahun 2013 menjadi awal kepemimpinan Kang Emil di Bandung. Keberhasilnya merebut 45% suara pada pemilihan kepala daerah dua tahun lalu menghantarkannya menjadi orang nomor satu di Bandung. Dengan Gelar Sarjana Arsitektur yang diperolehnya, Pria berkacamata ini membuktikan ketangkasannya mendesain sebuah kota dengan membangun Taman Jomblo Bandung.

Riwayat Pendidikan: dari Banjarsari sampai Luar Negeri

Kang Emil menamatkan pendidikan dasar di SD Negeri Banjarsari III Bandung pada tahun 1984 dan melanjutkan kesekolah menengah pertama di SMP Negeri 2 Bandung hingga tahun 1987. Pada tahun 1990 ia lulus dari SMA Negeri 3 Bandung dan melanjutkan studi sarjana di jurusan Teknik Arsitektur Institut Teknologi Bandung hingga lulus pada tahun 1995. Merasa tidak cukup hanya berbekal gelar sarjana, Kang Emil melanjutkan studi master di Master of Urban Design University of California, Berkeley (1999 – 2001).

Beberapa pekerjaan telah ia lakukan dari mulai sebagai arsitek di beberapa firma di Amerika Serikat hingga bekerja paruh waktu di sebuah departemen di kota Berkeley. Ketika kembali ke Indonesia, ia mendirikan sebuah perusahaan di bidang arsitektur. Beberapa penghargaan pun telah diperoleh Kang Emil antara lain BCI Asia Top Ten Architecture Business Award tahun 2007, 2009 dan 2010. Selain itu, Kang Emil juga menjadi pemenang International Young Design Enterpreneur of The Year dari British Council Indonesia tahun 2012.

Keberhasilan membangun kota Bandung pun ia buktikan dengan beberapa penghargaan yang ia peroleh. Penghargaan Adiupaya Puritama dalam bidang penataan kota dan pemukiman perumahan rakyat khusus diberikan kepada kota Bandung olehPresiden Susilo Bambang Yudhoyono pada bulan September 2014 lalu. Dengan berbagai penghargaan yang telah diterima kota Bandung pada masa pemerintahannya, Kang Emil pun belum merasa puas dan ingin terus berkarya bagi kota yang telah membesarkan namanya hingga saat ini.

Referensi:

http://id.wikipedia.org/wiki/Ridwan_Kamil

http://peluangusaha.kontan.co.id/news/ridwan-kamil-arsitek-lokal-dengan-klien-global

http://www.tempo.co/read/news/2015/02/21/058644236/Ridwan-Kamil-Deg-degan-Gara-gara-Penghargaan-Adipura

Print Friendly, PDF & Email

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

5 + 2 =


27 − 19 =